Sejarah Versi OS Android

TheDream4all - Ok sobat Brogger sekaligus pecinta OS Android masuk! Sobat menggunakan OS Android sejak pertama rilis nya Android ataupun baru-baru ini saja sejak rilisnya bbm4all apakah mengetahui sejarah versi OS Android dari pertama hingga saat ini? jika belum mengetahui mari kita simak bersama-sama.

berbagai versi perkembangan android system

Pertama kali OS Android rilis adalah Versi beta Android yaitu pada bulan November 2007, kemudian dilanjutkan dengan Versi komersial pertama nya yaitu Android 1.0 yang dirilis pada bulan September 2008.

Sejak saat itu Android terus melakukan perkembangan dan perbaikan yang dilakukan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA). Mulai April 2009 versi OS Android terus berkembang, dan tanpa kita sadari uniknya nama-nama yang digunakan untuk setiap versi selalu berhubungan dengan makanan (item dessert) itu adalah kode rilis yang sesuai dengan urutan abjad. Berikut ini daftar tanggal rilis dari semua update OS Android untuk hingga saat ini:

Android 1.0 (level API 1)
Android 1.0, versi komersial pertama dari perangkat lunak, dirilis pada 23 September 2008. OS ini pertama kali hanya tersedia untuk perangkat HTC Dream.

Android 1.1 (level API 2)
Pada tanggal 9 Februari 2009, update Android 1.1 dirilis, awalnya untuk HTC Dream saja. Android 1.1 yang dikenal sebagai "Petit Four" secara internal, meskipun nama ini tidak digunakan secara resmi. Pada update OS ini telah di perbarui perbaikan pada bug, dan mengubah API Android juga menambahkan beberapa fitur baru.

Android 1.5, Cupcake
Versi ini di rilis pada tanggal 27 April 2009, berdasarkan kernel Linux 2.6.27. Ini adalah rilis pertama yang secara resmi menggunakan nama kode berdasarkan item dessert ("Cupcake"), tema yang akan digunakan untuk semua update rilis selanjutnya.

Android 1.6, Donut
Versi Android 1.6 Donut di rilis pada tanggal 15 September 2009, berdasarkan kernel Linux 2.6.29. Dalam versi tersebut telah di tambahkan beberapa fitur baru.

Android 2.0, Eclair
Pada tanggal 26 Oktober 2009, Android 2.0 SDK Eclair CODEC dirilis, berdasarkan kernel Linux 2.6.29.

Android 2.2, Froyo
Pada tanggal 20 Mei 2010, SDK untuk Android 2.2 (Froyo, kependekan dari frozen yogurt) dirilis, berdasarkan kernel Linux 2.6.32.

Android 2.3, Gingerbread
Pada tanggal 6 Desember 2010, Android 2.3 Gingerbread SDK dirilis, berdasarkan kernel Linux 2.6.35 dan banyak memberikan perubahan. Kalau kata orang jawa ini makanan Ogak Jahe kali :D

Android 3.0, Honeycomb
Pada tanggal 22 Februari 2011, Android 3.0 Honeycomb SDK. OS Android ini pertama kali di gunakan di tablet semenjak update sebelum-sebelumnya dan berdasarkan kernel Linux 2.6.36. Perangkat pertama yang menampilkan versi ini adalah Motorola Xoom tablet yang dirilis pada dirilis pada 24 Februari 2011.

Android 4.0, Ice Cream Sandwich
SDK untuk Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich, berdasarkan Linux kernel 3.0.1 telah dirilis ke publik pada tanggal 19 Oktober 2011. Google Gabe Cohen menyatakan bahwa Android 4.0 adalah "secara teoritis kompatibel" dengan Android perangkat 2.3.x dalam produksinya pada saat itu. Source code untuk Android 4.0 mulai tersedia pada 14 November 2011. Ice Cream Sandwich adalah versi update terakhir pada saat itu yang secara resmi mendukung flash player Adobe Systems. Pembaruan versi ini memperkenalkan banyak sekali fitur baru.

Android 4.1, Jelly Bean
Google mengumumkan Android 4.1 Jelly Bean pada konferensi Google I/O tanggal 27 Juni 2012. Berdasarkan Linux kernel 3.0.31, Jelly Bean adalah update inkremental dengan tujuan utama meningkatkan fungsi dan kinerja dari user interface. Peningkatan kinerja yang terlibat "Project Butter", yang menggunakan  touch anticipation, triple buffering, extended vsync timing, fixed frame rate 60 fps untuk menciptakan sebuah fluid dan juga "buttery-smooth" UI. Android 4.1 Jelly Bean dirilis ke Android Open Source Project pada tanggal 9 Juli 2012, dan Nexus 7 tablet adalah perangkat pertama yang menggunakan Jelly Bean, dirilis pada 13 Juli 2012. 

Android 4.4, KitKat
Pemberian nama Android KitKat ini dikarenakan adanya kerjasama antara Google dengan Nestle dan Hershey. Google mengumumkan rilis Android 4.4 KitKat pada tanggal 3 September 2013. Sebenarnya versi ini telah di rilis sejak lama dan rencananya akan di beri nama Android versi 5.0 Key Lime Pie.

Android 5.0, Lolly Pop
Android 5.0 Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014. Lollipop merupakan sebuah permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran.

Android M
Google di ajang konferensi I/O 2015, Kamis (28/5/2015) waktu setempat mengumumkan dan menunjukkan kisi-kisi soal Android M yang jadi penerus Lolipop.

Demikian adalah sejarah dan tanggal rilis versi Android OS dari pertama hingga saat ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Oh ya sekarang sobat menggunakan versi OS Android yang keberapa?. Nanti aku mau bikin ah versi Getuk Lindri atau Gemblong :D.

13 Responses to "Sejarah Versi OS Android"

  1. Makasih atas informasinya kaka.. :-) Tablet saya masih pake versi froyo dan saya rencana mau upgrade ke versi Gingerbread. Kira2 bisa nda? Saya udah cari2 panduannya di google tapi belum ketemu cara yg pas nih. O iya, gambar untuk versi froyonya bikin pengen makan ice cream nih.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sobat bisa aja.. Sama2 sobat. Kalo masalah upgrade selama ini aku engga berani coba sendiri sob karena minim pengetahuan jadi takut ada yg skip malah error.. Trus koneksi juga harus mumpuni supaya semua fix.. Jiah pengen es krim sob sini aku beliin es manbo aja ya hehehe

      Delete
    2. Mmmm... befitu ya sob, Wah, asyik juga nih kalau mau dibelikan ice cream ama sobat. ^_^

      Delete
    3. Sejarah Versi Os Android >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Sejarah Versi Os Android >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Sejarah Versi Os Android >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK xw

      Delete
  2. artikel yang sangat berguna sob...ane jadi lebih paham mengenai versi os android.
    makasih infonya sob. . .salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat sama2 jadi paham juga.. Makasih ya saaam sukses kembali buat sobat. Amin

      Delete
  3. tablet saya baru dijual,, wah,, mau beli lagi nih.. hehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, kenapa dijual tabletnya sob? :-)

      Delete
    2. Iya sayang banget sob, saat mobile kan enakan pake android sob

      Delete
    3. Maaf sob, saya lupa ambil bingkisan tadi langsung main kabur2 aja nih. Saya ambil dulu bingkisannya y sob.. Hahahah

      Delete
  4. Kl dari ICS mo di upgrade ke JB biayanya berapa Ka Ros

    Catatan Haikal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haikal Biru kayaknya bukan nama yg asing untuk dibaca. Jangan2 ini punyanya bos Haikal Sulaiman ya. Hahahahahaha....
      Untuk upgrade versi OS Andronya, tergantung bos. Kalau mau diupgradekan di tempat servis biasanya biaya upgradenya 100 ribu tapi kalau mau upgrade sendiri, silahkan googling alat dan bahan yg dibutuhkan untuk menunjang proses tsb ^_^

      Delete
  5. Sejarah Versi Os Android >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sejarah Versi Os Android >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sejarah Versi Os Android >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete