Aplikasi Peta Daerah Rawan Bencana

The Dream 4 All - Seiring berjalannya nya waktu bencana bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, hal ini menyebabkan banyak sekali kerugian bagi siapapun yang mengalaminya. Memang yang namanya bencana tidak dapat di ketahui kapan datangnya, tetapi adalah hanya tindakan preventive yang dapat kita lakukan. Bagaimana kita dapat menghindari tersebut minimal kita mengetahui daerah mana saja yang rawan bencana seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

BBP JN atau Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional yang melaksanakan Kebijakan Departemen Pekerjaan Umum di Bidang Jalan khususnya Jalan Nasional dan memiliki tugas pelaksanaan pembangunan jalan Nasional yang meliputi, perencanaan, pengawasan teknis dan pelaksanaan pembangunan jalan juga jembatan di wilayah kerja masing-masing mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama BBP JN.

BBP JN adalah aplikasi yang berfungsi sebagai portal peta yang berbasis GIS berisi informasi spesial Daerah Rawan Bencana yang berdampak pada jalan dan jembatan. Portal berbasis peta ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam memberikan informasi mengenai daerah rawan bencana baik untuk masyarakat umum maupun untuk instansi pemerintahan dalam pengambilan keputusan/kebijakan dalam penyelenggaraan jalan dan jembatan secara cepat dan tepat.

Aplikasi mobile ini memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

  • Fungsi visualisasi diperoleh melalui menu, tombol dan kotak dialog untuk melihat potensi bahaya, infrastruktur jalan dan jembatan terancam terdampak.
Peta-Rawan-Bencana

  • Fungsi identifikasi daerah rawan bencana
Peta-Rawan-Bencana

  • Fungsi identifikasi diperoleh melalui integrasi peta-peta bahaya dari beragam instansi dipadukan dengan peta dasar dan peta tematik jalan dan jembatan di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.
Peta-Rawan-Bencana

  • Fungsi Pelaporan kejadian bencana
Peta-Rawan-Bencana

  • Fungsi selanjutnya adalah fasilitasi bagi pengguna terdaftar (pelapor) untuk menambah data berdasarkan pengamatan dan informasi yang ada di lokasi terkait: kejadian bencana (banjir, longsor misalnya), kerusakan akibat kejadian bencana, dan alternatif jalur evakuasi.
Peta-Rawan-Bencana

Dapatkan aplikasinya melalui Google Play dan deteksi sejak dini daerah rawan bencana mulai dari sekarang.

5 Responses to "Aplikasi Peta Daerah Rawan Bencana"

  1. ini softwarenya realtime sob?seperti GPS atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob menggunakan GPS juga dan realtime, tapi waktu ini di posting baru tersedia peta untuk jakarta dan sekitar nya..

      Delete
    2. baru tahu ada aplikasi seperti ini di GP :), tapi berarti buat ditempatku gak ada ya, tapi gak apa-apa... Alhamdulilah di tempatku jarang sekali ada bencana, hehe.... btw, thank you for share :)

      Delete
    3. Mungkin sekarang sudah ada sob karna mereka update terus dan kedepannya bisa semua daerah rawan bencana seluruh Indonesia dan umat beragama *eehhh ngawur

      Delete