Jangan Gunakan Browser ini Setelah Tamatnya Windows XP

Kabar gempar yang sempat membuat penghuni maya heboh adalah dihentikannya dukungan terhadap Windows XP. Setelah lebih dari satu dekade bertahan akhirnya hal ini harus terjadi. Telah resmi diumumkan oleh pihak Microsoft bahwa per tanggal  8 April 2014 nanti akan tidak ada lagi dukungan terhadap Windows XP, artinya bahwa resiko keamanan OS ini sudah tidak ada lagi jaminan dari developernya. 

Dukungan keamanan itu sangat berpengaruh terhadap kinerja Windows XP tentunya, termasuk dalam penggunaan Browser. Jika Anda masih menggunakan Windows XP sangat di sarankan untuk tidak menggunakan Browser Internet Explorer (IE) untuk berselancar di Internet.

internet explore

Seperti di lansir pada The United States Computer Emergency Readiness Team (CERT) bahwa Windows XP dan IE adalah kombinasi yang sangat tidak baik. CERT juga menyarankan agar para pengguna yang masih setia dengan Windows XP agar mengganti browser utamanya dari Internet Explore ke Browser yang lain apabila resmi Microsoft berhenti memberikan dukungannya terhadap Windows XP.

"Pengguna yang memilih tetap menggunakan Windows XP setelah berakhir masa dukungannya bisa mencegah risiko keamanan dengan menggunakan browser selain Internet Explorer," demikian saran CERT seperti dikutip dari Digital Trends, (11/3/2014).

Alasan kenapa pihak CERT merekomendasikan para pengguna XP untuk tidak lagi menggunakan IE adalah disamping aplikasi nya tidak akan ada updated terbaru lagi juga apabila terjadi masalah terhadap celah keamanan nantinya pihak Microsoft tidak akan lagi memaintenance untuk menambal celah tersebut. 

Dalam hal ini ada sejumlah browser alternatif lain untuk versi XP seperti Chrome, Firefox, dan Opera yang tetap akan mendapatkan update walau tidak dalam jangka waktu yang lama.

Misalkan Google, mereka akan tetap memberikan dukungan terhadap Chrome versi XP hingga April 2015 nanti. Sementara untuk Mozilla dan Opera, walau belum mengumumkan kapan menghentikan dukungannya untuk XP, namun keduanya sepakat untuk terus memberikan update.

Hal lain yang akan terkena dampak selain daripada Internet Explorer adalah Microdoft Office 2003, menurut CERT semua software memiliki masa nya, berakhirnya dukungan pada Windows XP berarti tidak akan ada lagi update, perbaikan, atau bantuan teknis online dari Microsoft untuk produk yang di usung bersamanya dalam satu versi.

So, kawan, sahabat pikir dan pertimbangkan lagi secara baik - baik terutama bagi Anda para pengguna Windows XP setelah terjadinya hal ini.

8 Responses to "Jangan Gunakan Browser ini Setelah Tamatnya Windows XP"

  1. Replies
    1. Hehehe alhamdulillah berkat postingan ini ya *sombong hahaha

      Delete
    2. ehh ada Dian, yang sabar yaa... windows XP nya udah tamat riwayatnya, hehe :)

      Delete
    3. Kasih selawatan ke bang Dian hihi

      Delete
  2. ane memang ngak suka pake browser itu sob, makasih saranya, ane jadi tau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob browser ini ketinggalan jauh sama anak muda hihi, tapi masih ada aja looh yang pake..

      Delete
  3. Dari dulu saya nggak terlalu suka menggunakan Browser IE di komputer saya sob tapi pernah dulu sering juga saya gunakan waktu masih hangat2nya mempelajari cara meresponsifkan tampilan blog. Saya bandingkan hasil2nya pada browser IE, MF, GC dan Opera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob dengan saya, saya juga kurang suka sama browser ini karena mungkin kurang responsive dan user friendly ya, kalau demi kelancaran pekerjaan sih oke aja seperti sobat itu waktu ngerancang template responsive.

      Delete