Sensor Canggih Pada Samsung Galaxy S4

Sensor Canggih Pada Samsung Galaxy S4
The Dream 4 All - Samsung kembali meluncurkan smartphone galaxy series nya yang bernama Samsung Galaxy S4. Di dalam ponsel pintar ini telah di bubuhi beberapa fitur sensor canggih yang sebagian berkaitan dengan pendeteksi gerak anggota tubuh untuk dipakai sebagai input data.

Salah satunya adalah fitur Air Gesture yang berfungsi sebagai scrolling tanpa harus menyentuh layar. Pengguna cukup dengan hanya melakukan sapuan jari di atas layar tanpa menyentuh secara otomatis layar scrolling karna menangkap panas tubuh. Kemudian fitur Smart Pause yang dapat menghentikan pemutaran video ketika pengguna mengalihkan pandangan dari ponsel, lalu melakukan resume playback begitu pengguna kembali memandang layar.

Fungsi-fungsi tersebut di atas dapat berfungsi dengan menangkap sensor - sensor khusus untuk mendeteksi gestur. Dan berikut adalah daftar sensor canggih yang di gunakan pada Samsung Galaxy S4

1. Sensor suhu/ kelembapan udara.
Sensor ini diletakan pada lubang kecil di bagian bawah ponsel, berguna untuk menampilkan tingkat kenyamanan optimalisasi kepada pengguna yang ditampilkan melalui aplikasi S-Health.

2. Akselerometer.
Sensor ini sebenarnya sudah umum dipakai pada kebanyakan smartphone yang berfungsi sebagai pasometer guna menghitung langkah. Samsung Galaxy S4 juga memiliki barometer yang mampu mengukur tekanan udara. Gunanya, untuk menghitung pembakaran kalori saat pengguna berolahraga, sesuai kondisi tekanan atmosfer dan ketinggian.

3. Sensor RGB.
Sensor RGB di tempatkan pada bagian kiri atas layar device, sensor RGB dapat mendeteksi cahaya dari lingkungan sekitar dan berguna untuk mengatur tingkat kecerahan dan ketajaman layar agar nyaman bagi pengguna dalam berbagai keadaan.


4. Sensor jarak (proximity).
Sensor ini berfungsi untuk mematikan layar ketika wajah pengguna berada di dekat smartphone. Cara ini dapat mencegah input yang tidak diinginkan ketika pengguna memakai Samsung Galaxy S4 untuk menelepon.

5. Pengenalan wajah lewat kamera.
Sensor pengenalan wajah berfungsi untuk menjalankan fotur Smart Pause seperti yang sudah di jelaskan di atas.

6. Gyrosensor.
Dikombinasikan dengan fugsi pengenalan wajah, sensor yang bekerja mendeteksi sudut kemiringan device ini memungkinkan scrollling layar hanya dengan menggerak-gerakkan Samsung Galaxy S4 ke arah yang dikehendaki.

7. "Finger Hovering".
Sensor finger hovering adalah teknologi yang mengukur perubahan arus listrik ketika jari pengguna berada di dekat layar device. Dengan demikian, pengguna bisa melihat tampilan e-mail, S-Planner, galeri foto maupun video tanpa membuka aplikasi, cukup dengan melayangkan jari di atas icon yang bersangkutan.

8. Voice recognition.
Teknologi pengenalan suara Samsung Galaxy S4 digunakan antara lain untuk fitur penerjemah bahasa S Translator. Fitur navigasi S Voice Drive juga memakai fungsi ini, dikombinasikan dengan GPS dan sensor geomagnetik.

9. Optical Character Recognition (OCR)
Berfungsi untuk membaca teks dan mengenali keterangan-keterangan khusus seperti halaman web, nomor telepon, dan QR code.

0 Response to "Sensor Canggih Pada Samsung Galaxy S4"

Post a Comment