Masalah BlackBerry Dan Solusinya

The Dream 4 All - Masalah pada BlackBerry Smartphone yang paling sering terjadi dan solusinya. 

Masalah BlackBerry Dan Solusinya



Masalah Pada Hardware atau Perangkat Keras:

1.Trackball Bermasalah
Sering para pengguna BlackBerry yang mengalami kerusakan fungsi pada trackball dan ini membuat frustasi para penggunannya, karna keulitan untuk mengakses banyak hal. Masalah pada trackball BB yang sering terjadi adalah, trackball tidak mau bergerak, trackball loss. Hal ini bisa terjadi karena roller atau pin-pin kecil yang terdapat pada sekeliling trackball kotor dan berdebu.

Berikut ini adalah solusinya:
Cara memperbaiki trackball BlackBerry yang bermasalah adalah dengan membersihkannya, hal ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara membongkar piranti trackball kemudian bersihkan keempat roller tersebut trackball tersebut cukup dengan mengosok-gosokannya dengan dua jari. Namun pada saat membersihkan roller Anda harus benar - benar teliti dan sangat berhati-hati ketika membuka trackball nya, karena piranti ini sangat rentan dan mudah rusak. Saya sarankan agar mengunakan pinset ketika membukanya.

2. Layar Yang Berdebu
Bermasalah dengan layar yang berdebu adalah suatu hal yang klasik dan sering di alami oleh banyak pengguna BlackBerry. Sebuah peralatan elektronik yang selalu di bawa kemana saja sudah tentu sangat mudah terkena kotoran terutama debu.

Berikut ini adalah solusinya:
Cara membersihkan ponsel atau BlackBerry yang Anda sayangi cukuplah mudah. Pada setiap unit Blackberry umumnya dipasang sekrup yang bisa di buka dengan menggunakan obeng berukuran T5 dan T6. Tetapi hal yang perlu di ingat adalah ketika Anda ingin membuka sekrup dan kesulitan karena terlalu keras untuk di putar, maka sebaiknya Anda jangan terus memaksakan untuk memutar sekrupnya karena hal itu bisa mengakibatkan patahnya dudukan sekrup, lebih baik berikan sedikit minyak agar mudah terbuka. Dan untuk membersihkan debu sebaiknya Anda jangan menggunakan tisu atau kapas, gunakanlah kain halus seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata, usahakan searah saja waktu membersihkan.

3 Port USB Longgar
Masalah ini juga sering di alami oleh para pengguna BlackBerry, karena pada saat mencabut kabel USB yang terhubung ke BlackBerry sering dengan cara menggoyang kabelnya. 

Berikut ini adalah solusinya:
Jika Anda memiliki BlackBerry yang baru di beli tentu saja agak keras saat mencabut kabel USB, tetapi Anda tidak boleh memaksanya dengan cara menggoyangkan kabel kekanan dan kiri, cukup di cabut pelan - pelan saja, hal ini memang sering di alami oleh kebanyakan orang karena BlackBerry masih baru jadi wajar jika agak keras ketika di cabut. Port USB tidak akan bisa diperbaiki setelah ia rusak. Satu-satunya cara adalah mengganti dengan suku cadang yang baru.

4 TouchScreen Storm Tak Responsif
Nah ini dia masalah yang paling sering di alamai oleh pengguna BlackBerry Storm. Seringkali saya mendengar keluhan dari para pengguna BlackBerry Storm tentang kurang responsive-nya touchscreen dengan teknologi SurePress ini sesuai dengan keinginan pengguna. Waktu menu pada layar di tekan biasanya akan terasa empuk. Namun ada beberapa kasus layar storm merespons hanya di bagian-bagian tertentu saja.

Berikut ini adalah solusinya:
Anda perlu tahu bahwa pada Storm terdapat empat sekrup kecil yang di tanamkan di tiap ujung layar. Empat sekrup inilah yang mengontrol tingkat keempukan dan responsibilitas terhadap tekanan pada layar. Anda sebenarnya dapat melakukan sendiri pengaturan terhadap sekrup-sekrup ini. Namun tentu membutuhkan tingakat ketelitian yang tinggi karena Anda akan berurusan dengan item-item yang kecil dan sangat rentan.

5 Elemen Bagian Samping Tak Bekerja
Hal ini biasa terjadi setelah anda mengganti Bezel atau tulang samping di Blackberry. jika anda perhatikan, bezel ini bukan sekedar hiasan namun merupakan tempat meletakan elemen seperti tombol suara. USB port, headphone jack, dan lain2. Mungkin saja bezel baru tersebut tidak terpasang dengan benar sehingga fitur tidak berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah solusinya:
Cara teraman adalah dengan mengganti kembali ke bezel original. Namun jika Anda terlanjur suka dengan bezel yang baru, disarankan untuk mengecek dan membetulkan letak bezel tersebut.

Masalah yang sering terjadi pada Software atau perangkat lunak

1 Email Sudah Di hapus Tapi Masi Ada
Jika Anda sering mengalami hail ini berarti ini adalah solusi yang tepat. Ketika Anda menghapus email yang terdapat pada BlackBerry tapi tidak hilang maka penyebab dari masalah itu adalah karena tidak sinkron nya data base atau data base yang memang error.

Berikut ini adalah solusinya:
Salah satu cara mengatasi persoalan ini adalah, setelah Abnda menghapus email dari outlook inbox, hapuslah secara permanen dengan cara menekan tombol Shift dan Delete bersamaan. Bisa juga melakukan dengan menghapus secara manual dan delete items folder.

2. Email Tidak Bisa Masuk
Email yang tidak masuk ke folder inbox diseabkan oleh memori BlackBerry yang sudah penuh, sehingga email-email baru tidak bisa masuk.

Berikut ini adalah solusinya:
Untuk mengatasi masalah ini kita bisa melakukan pendaftaran ulang. Caranya : masuk ke Menu Utama, pilih Advance Option, lalu arahkan ke Host Rotating Table, Pilih Menu, Register Now, dan terakhir Registration Message Sent.

3. Tidak Bisa Mengirim Email
Masalah ini terjadi karena karena adanya problem pada servis jaringan GPRS.

Berikut ini adalah sousinya:
Pertama anda bisa melakukan soft reset yaitu dengan menekan tombol ALT+ CAP + DELETE secara bersamaan. Kedua melakukan hard reset dengan menekan tombol reset yang terletak di belakang handset. Cek lambang antena pada BB anda. Setelah melakukan kedua reset ini harusnya lambang antena telah menunjukan sinyal GPRS. cobalah untuk mengirimkan email pada alamat email sendiri untuk pengetesan.

4. BlackBerry Mati Ketika Akan Menjawab Panggilan Masuk
Anda tentu sangat kesal jika mengalami hal ini, terlebih jika telepon itu merupakan panggilan yang sangat penting atau yang sedang Anda tunggu-tunggu. Anda bisa di cap sombong atau malah di curigai karena langsung mematikan panggilan masuk.

Berikut ini adalah solusinya:
Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencabut batrei dari BlackBerry. Biasakan untuk melepas battery minimal satu minggu sekali.Biarkan kira kira lima sampai sepuluh menit lalu masukan kembali baterry. Hal ini dilakukan untuk me refresh memori BlackBerry Anda.

5. Layar Sering Nge Blank
Masalah seperti ini sering terjadi pada Handset yang menggunakan operating system layaknya komputer.

Berikut ini adalah solusinya:
Lakukan softreset dan cabut memory card jika ada. Kalau ternyata cara ini tidak berhasil maka cobalah untuk upgrade atau downgrade operating system (OS) BlackBerry Anda.

Semoga informasi masalah BlackBerry dan solusinya  ini berguna dan dapat dijadikan sebagai materi referensi atau panduan khusunya bagi para pengguna BlackBerry. Follow Me Yah! [@Im_greys]

0 Response to "Masalah BlackBerry Dan Solusinya"

Post a Comment