Cara Mengatasi Blackberry Lemot

The Dream 4 All - Cara mengatasi Blackberry agar tidak lemot ini hanyalah cara dan tips sederhana yang mudah - mudahan dapat membantu Anda khususnya para pengguna Blackberry yang sering mengalami malasah lemot pada Blackberry-nya. Sudah pasti bete dan kesal ketika Anda sedang  melakukan BBM'an dengan sanga pacar kemudian secara tida - tiba muncul jam pasir dan BBM menjadi pending terus menerus. System yang di gunakan Blackberry bukan seperti handphone pada umumnya, BlackBerry adalah smartphone yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, browsing atau menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Sehingga dia memiki penyimpanan chace memory atau history penggunaan browsing dan chating yang perlu di bersihkan secara rutin. 

cara mengatasi blackberry lemot

Kenapa Blackberry bisa lemot disebabkan oleh karena terlalu banyak-nya file sampah atau dalam istilah internetnya cache yang masih tersimpan di dalam memori Blackberry. File sampah atau cache itu bisa muncul dikarenakan beberapa hal dan aktifitas pada Blackberry seperti berikut ini, 
  • Cache dan History yang ada di browser.
  • Chat, Messenger atau Conversation yang tidak ditutup (BBM, Yahoo Messenger, Google Talk, dll).
  • Memory log event dan memory history browser yang jarang dihapus.
  • Aplikasi yang berat atau aplikasi-aplikasi  yang sering dibuka secara bersamaan.

Dan cara untuk mengatasi Blackberry agar tidak lemot karena hal - hal di atas adalah sebagai berikut ini:

Cache Cleaning
Membersihkan Cache File dengan cara masuk ke Browser - tekan logo BB - pilih Option - pilih Cache Operations - tekan semua tombol Clear yang ada.

Event Log Cleaning Homescreen
Tekan dan tahan tombol ALT - tekan huruf L-G-L-G secara berurutan - tekan logo BB - pilih clear log - delete.

Memory Cleaning Option
Buka Option - Security Option - Advanced Security Option - Memory Cleaning - rubah status Disable menjadi Enable - pilih Show Icon On Home Screen menjadi YES - kembali dan pilih Save - kembali ke Home Screen dan lihat apakah ada icon menu Memory Cleaner di Home Screen, jika tidak ada buka pada folder Applications, kemudian tinggal klik saja untuk menghapus chace memory.

Soft Reset
Tekan tombol ALT - aA - Del secara bersamaan dan kemudian secara otomatis Blackberry akan reboot/restart.

Hard Reset
Lakukan cabut battery 3 kali dalam satu minggu, ketika battery dalam kondisi di cabut diamkan selama 3 menit agar tidak ada lagi daya listrik yang tertinggal disana dan bersih kemudian pasang kembali.

Host Routin Table
Lakukan host routing table 3 kali dalam satu minggu dengan cara pilih Options - Advanced Options - Host Routing Table - tekan logo BB - pilih Register Now.

Diagnistic Test
Lakukan Diagnostic Test 3 kali dalam satu minggu. Hal ini penting karena dengan cara inilah akan kelihatan apakah semua fitur Blackberry Anda terkoneksi dengan baik atau tidak. Cara melakukan Diagnostic Test adalah pilih Options - Mobile Network - itu tekan logo BB - pilih Diagnostic Test - tekan lagi logo BB - pilih RUN - diamkan selama proses berjalan hingga ada keterangan Diagnostic Completed di bagian paling bawah.

Mudah - mudahan cara mengatasi Blackberry yang lemot di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda. Jika ada cara lain yang lebih baik lagi dan belum ada pada list di atas Anda boleh menambahkannya melalui kolom komentar di bawah, kritik Anda akan sangat bermanfaat buat saya. Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke Blog sederhana ini. Salam Sukses!

9 Responses to "Cara Mengatasi Blackberry Lemot"

  1. Replies
    1. makasih sobat atas kunjungannya, sukses ya.

      Delete
  2. Maksih info nya, ini penting sekali ^_^ ,,,

    ReplyDelete
  3. wah oleh juga ni informasinnya..
    makasih kk.. hehe

    ReplyDelete
  4. BB saya sering sekali lemot, ga tau krn tipe yang murah atau krn apa..
    Trims sharing infonya.. untuk saya coba

    ReplyDelete